Monday, August 3, 2015

Cara Melihat IP Address Komputer/Laptop Kita

Cara Melihat IP Address Komputer/Laptop Kita – IP (Internet Protocol) Address atau Alamat IP adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi setiap komputer host dalam jaringan Internet.
Pertama, sobat harus tahu IP apa yang akan sobat lihat, apakah IP Lokal atau IP Publik (IP yang digunakan saat terhubung ke internet) ?
Kedua, apakah komputer sobat menggunakan IP Static atau IP Dinamic. IP Static (tetap) biasanya digunakan jaringan LAN sedangkan IP Dinamic (berubah-ubah) biasanya digunakan modem / wifi. Kenapa berubah-ubah? karena setiap kali kita terhubung ke internet, kita akan diberikan IP otomatis, dan jika putus kemudian dihubungkan lagi, kita akan mendapatkan IP yang berbeda.

Cara Melihat IP Address di Komputer/Laptop

Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk melihat alamat IP kita sendiri yaitu :

1. Menggunakan Command Prompt (CMD)

  1. Tekan tombol Windows + R, akan terbuka jendela Run.
  2. Ketik cmd kemudian Enter akan terbuka jendela CMD.
  3. Ketik ipconfig > Enter.
  4. Lihat IP sobat.

2. Menggunakan Control Panel

  1. Klik Start.
  2. Ketik Network and Sharing Center > Enter.
  3. Lihat IP sobat.

3. Cek IP Address Secara Online

Silahkan sobat buka http://whatismyipaddress.com/, nah disitulah kita bisa melihat IP Publik kita. Jadi misalnya jika sobat membuka Google.co.id, data dari Google pertama dikirimkan ke IP Publik tersebut sebelum menuju ke komputer kita.
Cek IP Address Secara Online
Jika sobat menggunakan koneksi wifi, atau berlangganan ISP lokal, mereka dapat memonitor aktivitas kita ketika terhubung ke internet. Misalnya mengetahui situs apa saja yang kita buka. Tentunya sobat tidak ingin privasi nya diketahui. Nah agar aktivitas kita tidak dapat dimonitor, gunakan VPN. Dengan software VPN (Virtual Private Network) ini, IP kita akan disembunyikan sesuai server VPN yang kita gunakan.

No comments:

Post a Comment