Wednesday, December 11, 2019

First Instal dan Setting Ubiquiti Unifi AP L R v2


Halo manteman,
Seperti janji gue, gue bakal ngepost cara setting Ubiquiti Unifi AP L-R v2 ini di Post ini. Setelah Post perkenalan sebelumnya skarang gue ke tahap First Instal dan Setting Ubiquiti Unifi AP L-R v2 menjadi sebuah Access Point Wifi.

Untuk orang yang pertama kali menggunakan AP ini, mungkin bingung gimana cara settingnya, yap, termasuk gue. hehehehe.

Setelah oprak oprek sana sini, akhirnya gue ngerti sendiri cara settingnya, simple sih tapi ga ada di dus book jadi ngebuat user nya sendiri puyeng how to setupnya hahahaha.

Pertama-tama, Colokan kabel LAN pada adaptor dan hubungkan pada PC/Laptop yang digunakan untuk setting, Kabel WAN pada adaptor dihubungkan pada Ubiquiti Unifi AP L-R v2. Kabelnya menggunakan RJ45 yang straight, ingat, kabel tidak include dalam package pembelian, jadi harus beli lagi. Lalu colokkan Kabel Powernya. Pastikan AP Led menyala orange, dan IP LAN Portnya di PC/Laptop adalah automatic.

Setting AP ini make Software Controller dan harus instal java dulu, downloadnya disini.

1. Controller
https://www.ubnt.com/download/unifi/unifi-ap/uaplr
(Pilih di bagian software dan tentukan mau make yang mana, pilih yg paling update dan sesuai OS yang di inginkan. misal untuk windows, UniFi 5.5.20 Controller for Windows)

2. Java (optional, bila belum terinstal Java)
https://java.com/en/download/

Instal kedua aplikasi itu dulu hingga selesai. Lalu, pada settingan awal, isikan user dan password yang nantinya digunakan untuk membuka interface admin UniFi Controller ini. Pada page kedua tentukan Nama Wifi (SSID Name) serta password Wifi nya. Next, maka akan ditunjukkan laman login untuk masuk ke UniFi Controller.


Masukkan username dan password seperti yang sudah di setting sebelumnya. dan akan muncul halaman dashboard seperti ini.


Pada pojok kanan atas kita ketahui bahwa ada Ubiquiti Unifi AP L-R v2 yang terdeteksi, bila menggunakan LAN maka yang berwarna hijau pada Bulatan LAN (nomor 2 dari kanan) dan skrng saya sedang menggunakan Wifi (karena sudah tersetting) maka yang hijau bulatan di kanan (WLAN).

Pilih Menu Devices



Pastikan Status Ubiquiti Unifi AP L-R v2 adalah Connected, seperti digambar atas. jika muncul error cant adopted atau semacamnya pastikan koneksi ke Ubiquiti Unifi AP L-R v2 dari PC/Laptop Setting terkoneksi dengan baik dan IP dalam mode DHCP/automatic.


Pada menu Setting dan Wireless Network, Kita dapat melakukan setting berapa banyak Wifi SSID yang hendak dibuat, dan mengatur passwordnya.


Pada menu Networks, Tentukan IP Pool nya pada address berapa, dan aktifkan DHCP jika DHCPnya dari AP ini atau matikan DHCP jika Ubiquiti Unifi AP ini hanya berupa Wifi AP. (Gambar merupakan DHCP off).

Setiap perubahan yang terjadi pastikan klik save pada kiri bawah halaman.

Setelah settingan semua selesai periksa pada menu device lalu klik device yang diinginkan, maka akan muncul page properties seperti ini.

dan bila ada device with pending changes notifikasi seperti diatas, maka klik APPLY ALL, yang artinya settingannya akan di kirimkan ke devices Ubiquiti Unifi AP L-R v2.

Oke segitu aja singkat settingannya, untuk oprek-oprek lainnya bisa di tambahkan di kolom komentar. Terima kasih, see ya.

No comments:

Post a Comment